Jenis-jenis Ikan MasKoki yang menarik

on Selasa, 25 Desember 2012
MasKoki, kita tentu pernah mendengar nama ikan yang satu ini, mungkin terbayang dengan perutnya yang besar dan kepala besar yang menjadi ciri khas fisik ikan ini. Ikan hias yang memiliki nama latin carrasius auratus  ini memang menarik dari segi penampilan fisik, sisik, corak dan warnanya. Jambul kepala dan perutnya yang buncit menjadikan ikan hias yang berasal dari china ini terlihat lucu saat berenang kesana-kemari. Dan tentu membuat ikan ini menjadi ikan hias yang paling banyak di gemari.

Ikan yang memiliki pergerakan lamban ini mempunyai  banyak jenis-jenis MasKoki, hasil rekayasa genetika dan perubahan strain dna mengakibatkan MasKoki mempunyai perbadaan morfologi antar jenis MasKoki satu dengan yang lain. 

Berikut adalah jenis-jenis ikan MasKoki :

1. Oranda


   Ikan yang satu paling banyak dipelihara oleh pencinta ikan hias, Ikan ini mempunyai ciri  fisik umum seperti ikan mas koki lainnya perutnya buncit perut agak menurun kearah ekor, mempunyai sirip atas, sirip punggung, dada, ekor berukuran sedang dan kebanyakan berwarna orange atau merah, ada juga kombinasi tapi dominan warna orange/merah. 



Red cap Oranda
 Bentuk fisik tidak jauh dengan oranda, perbedaanya hanya jambul warna merah di kepalanya dan hampir seluruh tubuhnya berwarna putih.

2. Ranchu


  Berbeda dengan oranda, Ranchu tidak memiliki sirip atas, pergerakan majunya disokong oleh tulang bagian atasnya sehingga tubuh bagian atas ranchu cenderung bengkok ( membungkuk ) dan terlihat kekar. Jenis MasKoki yang paling di gemari didunia ini juga mempunyai banyak variasi warna dan bentuk, sperti Ranchu 


Lion head yang memiliki jambul menyeluruh disemua bagian kepala seperti kepal singa yang ditutupi surai.  
3. Telescop eyes 


Sama seperti orang yang sedang memakai telescop, Ikan MasKoki Jenis mendapat julukan seperti karena matanya menonjol keatas. Maskoki ini ada yang menpunyai sirip atas dan ada yang tidak. Mata yang menonjol mungkin dikarenakan bintitan.

4. Black Moor
Maskoki paling seram seperti hantu namun dipercaya orang cina sebagai penolak kesialan, bala, santet. Mas koki ini memiliki warna hitam pekat dan dua mata menonjol seperti telecop eyes. dilihat dari fungsinya sebagai penolak bala MasKoki ini wajib hadir di setiap aquarium ( ikan tolak bala )

5. Mutiara tikus / Pearl scale

MasKoki paling gembul krena tubuhnya yang bulat padat seperti bola kasti. Sisiknya yang berupa tutul-tutul kecil yang timbul yang menjadikan kenapa ikan ini diberi nama ikan mutiara. Karena tubuhnya yang gembul ikan Mutiara memiliki pergerakan yang lambat, membuat ikan ini tidak bisa ditempatkan dengan MasKoki lainnya 


Crown Pearl Scale / mutiara berjambul
Fisiknya sama seperti mutiara tikus, bedanya Maskoki ini memiliki jenong yang agak transparan. Jenongnya turut memperlambat gerakannya juga...

6. Bubble eye


Paling unik diantara maskoki lainnya, mempunyai 2 gumpalan kantung udara di pipinya. tidak memiliki sirip atas sama seperti saudaranya ranchu bentu sirip menyerupai oranda. Lucu tapi ngeri jika dipelihara krena takut pecah balonnya.

7. ryukin


Ikan hasil budidaya di Jepang ini bentuk tubuhnya bulat gempal. Bersirip punggung tinggi dan berekor panjang. Keunikannya terletak pada bentuk tubuh bulat, moncong lancip dan jika dipandang dari belakang ekornya berbentuk huruf X. Memiliki warna merah marun, merah putih, metalik dan belacu.

8.Tosakin 




Ikan tosa ini biasanya dipelihara di kolam, karena keindahannya akan tampak jika di lihat dari atas. Keunggulan maskoki ini terdapat pada sirip ekornya yang panjang dan melebar melebihi panjang tubuhnya sendiri. Sirip ekor belakang  seperti ekor burung merak besar dan anggun jika terlihat. Ikan Tosakin termasuk ikan agresif diantara jenis yang lain.










Nenek moyang dari segala jenis MasKoki, ''sperti ikan mas biasa kan??'' 
Namun dengan hasil rekayasa genetika dapat tercipta Maskoki yang memiliki bentuk dan variasi gen yang yang berbeda.


Santri Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School Berlatih Taekwondo


Selasa, 06 Desember 2011 | 21:54
Pandeglang, Banten
(Kabar Publik) – Belajar di pondok pesantren tenyata tidak hanya belajar ngaji, kini dunia pesantren sudah semakin maju dan terus berkembang. Adalah Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School, Pandeglang Banten, santri disini disamping diajarkan pendidikan Agama, dan Umum, kini para santri mulai berlatih Taekwondo, olahraga  dari negeri Ginseng – Korea Selatan.
Dihadapan orangtua/wali santri KH. Fuad menjelaskan “Latihan taekwondo ini merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan pengelola sekolah untuk menambah aktivitas para siswa diluar jam pelajaran.”
“Latihan taekwondo ini dalam rangka meningkatkan self confident, tumbuhnya kepercayaan diri santri. Dengan tumbuhnya kepercayan diri, maka akan terbuka wawasannya, terbuka otaknya, sehingga ia mudah menyerap pelajaran-pelajaran yg disampaikan, baik pelajaran iptek, tahfidz maupun bahasa”, jelas KH. Fuad .
Bertempat di Lapangan Basket, 200 santri dan guru memulai latihan perdana yang dibuka dan di resmikan, Bpk. WM. Hadisantoso, Ketua Dewan Pembina Yayasan Ardhu Ibad ar Rahman, Minggu, (30/10)
Dalam sambutannya, Bpk. Hadisantoso mengamanatkan “Pertama jadilah taekwondoin yang sportif, kedua, ilmu yang kalian miliki bisa membunuh orang. Saya tidak ingin kalian menyalahgunakan ilmu ini, tetapi yang saya mau kalian pakai ilmu ini untuk menolong orang lain” tegasnya.
Kepada Kabar Publik, Pak Hadi (panggilan akrab Bpk Hadisantoso) menjelaskan maksud dan tujuan para santri dilatih Taekwondo ini “Kami ingin membina anak-anak ini tidak hanya kuat dimata pelajaran, namun dia harus kuat di fisiknya, fisik yang kuat timbul jiwa sportifitas yg tinggi sekaligus ingin mendapatkan kesehatan yang prima”, pungkasnya.
Para santri nampak senang mengikuti latihan ini ”Saya latihan Taekwondo ini untuk menjaga diri” kata Fateh, salah satu santri asal Bogor yang ikut latihan.

1 komentar:

Posting Komentar